loading...

Thursday, January 26, 2012

Tindaklanjuti Sister City Padang - Surabaya

Menindaklanjuti program Sister City atau kerjasama lintas perkotaan antara pemerintah Kota Padang dengan Kota Surabaya, pelaku usaha kedua kota tersebut mengadakan acara Temu Usaha di sebuah hotel di kawasan Lolong, kemarin.

Kegiatan ini seiring dengan tekad Walikota Padang DR. H. Fauzi Bahar, M.Si yang ingin memperluas kemitraan usaha ke wilayah Pulau Jawa dan tanah air.

Dari Kota Padang, Temu usaha ini diikuti oleh Kepala Dinas Perindagtamben Kota Padang Zabendri, SH, Ketua Kadin Sumbar Asnawi Bahar, SE, Ketua REI Sumbar, Ir. Alkudri, Ketua Kadin Padang Rahim Murdanis, dan beberapa orang pengusaha di bidang perkebunan, kelautan, dan properti.

Sedangkan dari Kota Surabaya dihadiri Kepala Dinas Perindag Kota Surabaya Endang Caturrahmawati, didampingi 10 orang pengusaha dibidang perdagangan umum, mebel, tours dan travel, eksportir kopi, hasil pertanian, hasil laut, real estate, keramik hias dan batik.

Seperti dijelaskan Zabendri pada pembukaan acara Temu Usaha tersebut, kegiatan ini bertujuan memperluas pasar bagi pelaku usaha Kota Surabaya dan Kota Padang. Agar kedua para pengusaha dari kedua kota ini dapat bekerjasama atau bermitra dengan semangat saling menghargai dan saling menguntungkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan saling memberikan informasi tentang potensi masing-masing daerah, sehingga terjadi kontak dagang yang berkesinambungan, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos, menambahkan.

"Kiranya kegiatan seperti ini perlu kita galang dan kita lanjutkan, selaku Dinas Perindagtamben Kota Padang, kita akan menghimpun seluruh peluang bisnis perdagangan, dan memfasilitasi para pengusaha, dengan informasi tentang peluang-peluang bisnis perdagangan dan jasa di kedua kota", ujar Zabendri.

Hal tersebut dipertegas Endang, peluang bisnis perdagangan antar Kota Surabaya dan Kota Padang sangat besar, dilihat dari potensi hasil bumi dan hasil laut yang dimiliki Kota Padang dan Sumbar sangatlah besar, dan Kota Surabaya memiliki Pasar Induk untuk pemasaran hasil bumi dan hasil laut tersebut.

"Kita akan terus membangun mitra usaha antar pengusaha dan pelaku bisnis UKM Kota Surabaya dan Kota Padang, dengan terus berbagi informasi dan meningkatkan kerjasama antar Dinas Perindagtamben Kota Padang dan Dinas Perindag Kota Surabaya, hal tersebut sangat mudah untuk direalisasikan", terang Endang.

Pada kesempatan tersebut Zabendri juga mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan Kota Surabaya pada kegiatan Padang Fair dan kunjungan Kepala Dinas Perindag Kota Surabaya beserta rombongan pada kegiatan  yang ditutup Minggu malam (20/11).

Sumber : http://www.sumbaronline.com/berita-7700-zabendri-tindaklanjuti-sister-city-padang--surabaya.html

No comments:

Post a Comment