loading...

Thursday, January 26, 2012

Penjualan Rumah Menengah dan Mewah Kembali Bergairah

Pen­jualan rumah mene­ngah dan mewah ( harga Rp150 Juta ke atas) pada 2011 ini kembali meningkat setelah pada 2009-2010 lalu sempat anjlok hingga lebih dari 25 persen.

Demikian dika­takan Alkudri, Ben­dahara Real Estate Indonesia (REI) Sumbar pada Haluan usai mendaftar dan deklarasi penca­lonan dirinya sebagai calon Ketua Umum REI Sumbar periode 20011-2014 di Padang, Sabtu ( 28/5/2011) malam.

Menurut Alkudri, efek gempa September 2009 mem­buat permintaan terhadap rumah menengah dan mewah menjadi sepi karena kondisi perekonomian masyarakat yang juga terimbas gempa. “Tapi kini permintaan sudah mulai banyak lagi. Terutama untuk rumah mene­ngah. Dan kita optimis, tahun 2011 ini penjualan rumah menengah dan mewah bisa kembali menjanjikan,” ujar Direktur Utama PT Almara tersebut.

Dikatakan Alkudri yang juga pengurus Hipmi pusat ter­sebut,  pangsa pa­sar rumah mene­ngah ke atas keba­nyak­an adalah para pe­ngusaha dan pe­da­gang. “Karenanya gem­pa besar tahun 2009 lalu telah mem­buat  peda­gang/pengusaha ba­nyak yang meng­alami kemacetan dalam usahanya sehingga pasarnya juga berkurang,” jelasnya.


Dikatakannya, diperkirakan realisasi rumah yang dibangun oleh sekitar 60 pengembang di Sumbar sekitar 12 ribu unit, memang masih jauh dari kebutuhan masyarakat. Pemba­ngunan rumah menengah dan mewah, sekitar seperempatnya dari total pembangunan rumah.

Dikatakannya, karakteristik dari rumah menegah adalah harganya di atas Rp150 Juta, sedangkan rumah mewah har­ga­nya di atas Rp300 juta.

Karakteristik lain dianta­ranya menggunakan atap gen­teng, lantai granit, jalan yang sudah diaspal dan infrastruktur lain yang lebih lengkap. Untuk tipe sendiri tidak mempe­ngaruhi, karena tipe 36 pun bisa memenuhi klasifikasi rumah menengah dan mewah.

Berkas Pendaftaran Alkudri Terbaik

Sementara itu mengenai pencalonan dirinya sebagai Ketua REI Sumbar menurut Alkudri adalah sudah berda­sarkan pertimbangan yang sangat matang dan didukung oleh pengembang lainnya.

Berkas pendaftaran dirinya diterima oleh tim ferivikasi yakni S. Rizal, dan Wahyu Iramana Putra. Hadir juga saat itu Ketua Rei Sumbar yang akan habis masa jabatannya dan tak akan mencalonkan diri lagi yakni Jhoni Halim.

“Ini berkas pendaftaran yang paling baik dan paling lengkap yang kita terima,” kata Wahyu.

Sementara itu S. Rizal yang juga mantan Ketua REI Sum­bar dua periode mengatakan ini adalah musda REI terbaik karena banyak calon yang mendaftar.

Rencananya pada Selasa (31/5), akan mendaftar juga H. Meldian. Terdengar juga kabar bahwa H. Dharmawan Wakil Ketua REI Sumbar saat ini juga akan maju. Calon lainnya adalah Syafrinaldi.

Sebelumnya dua calon telah mendaftar yakni Hj. Ratna Wilis dan Kandris. Musda akan berlangsung pada 10 Juni mendatang (h/ita)

Sumber: HALUAN 

No comments:

Post a Comment