loading...

Friday, June 8, 2012

Alkudri Apresiasi SMPN 14 Padang

Keluarga besar SMPN 14 Padang adakan gebrakan dalam rangka mempromosikan diri sebagai sekolah berbasis budaya.Kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak, terutama dari wakil wali kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Alkudri sebagai Ketua REI (Real Estate Indonesia) Sumbar, sekaligus sebagai alumni SMPN 14 Padang dan masyrakat Pauh V khususnya.
Wawako mengatakan, langkah yang dilakukan SMPN 14 Padang sangat tepat, karena sekolah ini berada di lingkungan masyarakat yang masih memiliki nilai-nilai kebudayaan yang tinggi yaitu kecamatan Pauh.
"Sejalan dengan pendidikan berkarakter SMPN 14 Padang mengaplikasikan nilai-nilai budaya yang telah ada di lingkungan masyarakat yang sesuai dengan landasan "adat basandi syara, syara basandi kitabbullah" dengan melaksanakan berbagai kegiatan eks school seperti randai, silat, tari-tari tradisional dan petatah petitih adat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendukung kegiatan ini" ujar Wawako kepada www.sumbaronline.com Senin (4/6).
Sementara itu kepala SMPN 14, Yunaldi mengatakan,"Potensi-potensi yang ada hendaknya dapat menjadi dorongan bagi siswa dalam mengembangkan sekolah yang berkarakter budaya." 
"Hal ini juga diharapkan untuk bisa membentuk dan membentengi prilaku siswa dari pengaruh yang bersifat negatif yang dapat merusak mental serta kepribadian peserta didik," lanjutnya.
Dalam sekolah berbudaya ini, kata Yunaldi, ini akan digalakkan prilaku atau sikap berbudaya khususnya budaya Pauh dalam bidang berpakaian seperti, pada setiap Jumat siswa perempuan memakai baju kuruang basibah dan laki-laki memakai baju guntiang cino dipadu celana batik. "Kegiatan ini pertama kalinya dilakukan di tahun ke 2 masa jabatan saya selaku kepala sekolah SMPN 14. Dan diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan di masa yang akan datang,"ujarnya.

Sumber: www.sumbaronline.com, Senin, 04 Juni 2012

No comments:

Post a Comment