loading...

Friday, June 8, 2012

REI Sepakat Bangun Rumah Murah

Pada peringatan HUT ke-40 Real Estat Indonesia (REI) di Manado, pengurus REI se-Indonesia sepakat lebih mem fokuskan dan mengairahkan pembangunan perumahan menengah ke bawah.
Direncanakan, HUT REI ke-42 pada 2014 bakal digelar di Padang dan dihadiri 1.000 pengusaha nasional dan daerah.
Ketua DPD REI Sumbar, Alkudri kepada Singgalang di Padang, Senin (2/4) mengatakan, pada HUT REI ke-40 yang berlangsung di Manado tersebut dihadiri sekitar 740 pengusaha se-Indonesia.
Disebutkannya, salah satu poin yang dibahas saat HUT REI di Manado itu, menggairahkan kembali perumahan untuk kelas menengah ke bawah.
Ini sejalan dengan program pemerintah menekan baglock atau angka belum memiliki rumah yang mencapai 13,6 juta secara nasional. Hal ini sangat diharapkan untuk membantu masyarakat kecil yang belum memiliki rumah sampai saat ini.
Menurutnya, selain membantu menekan angka baglock, perumahan untuk kelas menengah bawah juga memiliki potensi pasar yang cukup terbuka.
Apalagi, cicilan yang ditawarkan tak jauh beda dengan cicilan Kredit Pembiayaan Rumah program Fasilitas Liquiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP). Cicilan baru akan naik setelah lima tahun pertama, tetapi kenaikan itu tidak akan memberatkan konsumen karena pendapatan mereka sudah ikut naik.
“Untuk Sumbar, target kami membangun 10.000 unit rumah tahun ini. Jenis rumah beragam mulai dari rumah tapak sampai tipe exclusive, dimana tentunya yang diutamakan atau yang lebih banyak rumah tipe 36 untuk masyarakat kecil,” katanya.
Pada kesempatan itu juga diputuskan REI akan menggelar pameran Rumah Indonesia bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI). Pameran perumahan terbesar ini dilaksanakan di 24 kota besar, 20-28 Oktober nanti.
Kota yang menjadi lokasi pameran, di antaranya Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Pekanbaru, Bandung, Cirebon, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Bali dan kota besar lainnya. Pameran Rumah Indonesia ini akan menjadi agenda rutin tahunan REI selanjutnya.
Kendati direncanakan Padang sebagai tuan rumah HUT REI ke-42, pada 16 Februari 2014 dan HUT REI ke-41 pada 2013 dipusatkan di Mataram, NTB, namun bisa saja Padang menjadi 2013 jika Mataram tak siap.
Alkudri menargetkan, HUT REI ke-42 di Padang akan dihadiri 1.000 pengusaha se-Indonesia. Momen itu akan membawa dampak terhadap perekonomian Padang, Sumbar umumnya.(103)

Sumber: Singgalang 03 April 2012

No comments:

Post a Comment