loading...

Friday, June 8, 2012

REI-BNI Siapkan Cicilan Rumah Ringan di BNI Griya Idaman

Masyarakat Sumbar kini punya banyak pilihan ketika ingin membeli rumah. BNI bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) telah meluncurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) Griya Idaman. Dengan mengakses pembiayaan KPR ini, masyarakat berpenghasilan tetap dan tidak tetap diberikan kesempatan memiliki rumah dengan cicilan bulanan ringan tenor hingga 20 tahun.
Vice President Consumer & Retail Lending BNI Indrastomo Nugroho menyebutkan fasilitas KPR Griya Idaman diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan plafon kredit minimal Rp50 juta dan maksimal Rp150 juta.
Indra menambahkan persyaratan untuk menjadi debiturnya pun tidak sulit. Angsuran bulanannya relatif terjangkau, yakni Rp 469.792 hingga Rp1.409.375. Selain itu, nasabah dibebaskan dari biaya asuransi jiwa dan kerugian serta hanya dibebankan biaya administrasinya Rp100 ribu serta provisi 0,75 persen dari plafon kredit yang disetujui.
”Griya Idaman ini menjembatani masyarakat yang tidak masuk dalam program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Pada 9 atau 10 Mei mendatang, kita akan sosialisasikan program Griya Idaman ini di Sumbar,” ujar Indrastomo ketika dihubungi via ponselnya, kemarin.
Sebagaimana diketahui, program FLPP merupakan kerja sama Kementerian Perumahan Rakyat dengan bank penyalur, diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki rumah minimal tipe 36. Dengan harga rumah tapak maksimal Rp 70 juta, yang nilai KPR maksimalnya Rp63 juta.
Soal tingkat suku bunga yang diterapkan, Indrastomo enggan mengungkapkan dan hanya menyebutkan lebih rendah sekitar 1 sampai 2 persen dari KPR reguler atau komersil.
Terpisah, Ketua DPD REI Sumbar Alkudri mengatakan, ini buah dari terobosan REI mengatasi kebuntuan masyarakat yang tidak memiliki kesempatan memiliki rumah lewat FLPP. Untuk itu, ketika mengikuti sosialisasi Griya Idaman di Medan dua hari lalu, dirinya mendorong agar ini segera disosialisasikan dan dipasarkan di Sumbar. ”Alhamdulillah, pihak BNI merespons keinginan dari REI dan pada awal Mei nanti diharapkan masyarakat Sumbar sudah bisa mengakses fasilitas KPR Griya Idaman,” tukas bos Almara Group. (esg)

Padang Ekspres • Jumat, 27/04/2012

No comments:

Post a Comment