loading...

Friday, November 2, 2012

Bantu Warga tak Berpenghasilan Tetap


Pameran Perumahan di PA Resmi Dibuka Gubernur

Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (DPD REI) Sumatera Barat resmi menggelar pameran perumahan BNI-REI EXPO 2012 di Mall Plaza Andalas, kemarin (21/10).

Pameran bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) itu, dibuka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Ratusan masyarakat hadir menyaksikan pembukaan pameran yang juga dihadiri Asisten II Pemko Padang, Didi Aryadi dan sesepuh REI Joni Halim itu. "Pameran properti sampai 28 Oktober nanti ini, untuk memudahkan masyarakat di Sumatera Barat untuk memiliki rumah," ungkap Ketua DPD REI Sumbar Alkudri.

REI bekerja sama BNI, kata Alkudri, karena BNI memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli rumah seperti bunga murah dan pengurusan KPR dengan cepat.

Menurutnya, selama ini, masih banyak masyarakat di Sumbar yang belum memiliki rumah pribadi, dengan bekerjasama dengan BNI, masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap juga bisa memiliki rumah pribadi, “Masyarakat akan terbantu mendapatkan rumah dengan cara memanfaatkan pinjaman dari Bank BNI,” ujarnya.
Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki pendapatan tetap seperti buruh angkut, sopir angkot, nelayan, dan lainnya, REI telah memperjuangkan ke DPR dan Kemenpera agar diberikan penjaminan. Di Sumbar, kata Alkudri, itu sebetulnya bisa diatasi jika saja pemerintah daerah memiliki lembaga penjaminan kredit sebagaimana kini diusulkan pemprov ke DPRD Sumbar. Di Sumsel, pola penjaminan ini pun sudah diterapkan dan berhasil membantu ribuan warga berpenghasilan tidak tetap. "Dari 129 ribu masyarakat yang belum memiliki rumah di Sumbar, mayoritas mereka adalah warga berpenghasilan tidak tetap. Mereka sebetulnya bisa mengangsur kredit, tapi tidak bisa akses ke bank. Kalau ada lembaga penjaminan kredit, mereka tentu bisa terbantu," kata Alkudri usai pembukaan pameran.
Hadirnya REI di Sumbar, kata Alkudri, dapat memberikan retribusi dan kontribusi menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga bisa mengkatkan perekonomian masyarakat serta membantu pemerintah dalam pembangunan daerah.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi pameran yang diadakan REI bekerja sama dengan BNI. "Ini sangat membantu pemerintah dalam mengurangi kekurangan rumah di Sumbar. Kami memberikan apresiasi kerjasama REI dan BNI ini," ungkap Irwan Prayitno.
Ia juga mengimbau masyarakat untuk segera datang ke pameran atau mendaftarkan diri ke BNI agar bisa mendapatkan pinjaman lunak dan fasilitas pembelian rumah dengan bunga rendah. “Masyarakat harus memanfaatkan kesempatan untuk memiliki rumah pribadi ini, terutama bagi masyarakat yang masih tinggal mengontrak dan pasangan yang masih di rumah mertua,” ujar gubernur seraya tersenyum.
Kepada REI, gubernur mengajak mencarikan tanah untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat di Sumbar. “Kita harapkan REI untuk bisa mnencarikan tanah yang murah dan bisa dijangkau masyarakat menengah,” harapnya.
Mengenai rumah untuk masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, Irwan mengatakan akan membantu REI dalam mencarikan tanah dan menjamin masyarakat melalui lembaga penjamin, dengan tujuan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kita akan membantu REI untuk menyediakan tanah untuk pembangunan rumah untuk masyarakat miskin,” ujarnya yang ditemui setelah membuka pameran.
Diana Djamal, Regional Sales Manager BNI Wilayah Padang mengatakan, BNI menyediakan fasilitas KRP Griya Idaman yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan plafon kredit minimal Rp50 juta ke atas, dan fasilitas bunga KPR murah yang bisa diperoleh di arena pameran yang dibuka sampai 28 Oktober nanti. “KPR Griya Idaman, angsuran bulanannya relatif terjangkau,” ujarnya.
Sedangkan mengenai rumah yang diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, ia mengatakan akan dikenakan bunga lebih rendah dari biasanya. “Bunga Bank untuk masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap hanya 7,5 persen, selain itu juga ada program bagi masyarakat yang miskin dengan angsuran Rp 100 ribu,” terangnya.(mg18/20)

Sumber: Padang Ekspres


























No comments:

Post a Comment