loading...

Sunday, May 21, 2017

DP Rumah Sesuai Kemampuan Konsumen

Ekonomi Sulit, Almara Group Bikin Terobosan

Berbagai cara dilakukan pengembang untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah, dan menggairahkan kembali bisnis serta industri properti di tanah air. Salah satunya dilakukan Almara Group yang membuat terobosan uang muka atau down payment (DP) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sesuai kemampuan konsumen.
“Rumah tetap menjadi investasi yang menguntungkan saat ini. Namun, untuk memilikinya, dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, masyarakat sering terkendala DP yang masih tergolong tinggi sehingga saya mengambil kebijakan DP sesuai kemampuan konsumen,” ujar bos Almara Group Alkudri, kemarin.

Menurut Ketua Pertimbangan DPD REI Sumbar ini, DP merupakan salah satu aspek utama yang wajib ditunaikan masyarakat ketika membeli rumah atau properti. Akan tetapi, ketika kondisi ekonomi belum stabil dan daya beli juga turun, masyarakat kesulitan memenuhi keinginannya untuk memiliki rumah.
“Jadi, untuk DP-nya disepakati saja nantinya antara saya sebagai pengembang dengan pembeli. Terpenting konsumennya bankable. Dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, tidak usah kaku dengan DP 30 persen atau sesuai kebijakan baru Loan to Value (LTV) 15 persen lah,” ujar sosok yang mengusulkan ke DPR dan Kemenpera perlunya kebijakan subsidi rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ketika menjabat Ketua DPD REI Sumbar dulu.
Wasekjen Pengembangan Kota Mandiri dan Peremajaan Kota DPP REI ini berharap terobosan DP sesuai kemampuan konsumen tersebut, bisa mendorong bergairahnya sektor perumahan di Indonesia.
“Terobosan ini ibarat stimulus dalam meningkatkan daya beli masyarakat yang saat ini tengah slow down,” katanya.
Saat ini, Alkudri menyediakan perumahan kluster mewah tipe 60, 90, 115 dan 120 serta kapling desain mandiri di Jalan Raya Cupak Tangah, Pauh, Kota Padang, dengan disain minimalis dan dibangun berkonstruksi ramah gempa.
Perumahan Tahta Almara ini, memiliki fasilitas kluster satu pintu dengan penjagaan 24 jam, jalan utama 2 jalur, CCTV serta taman.
“Di depan perumahan ini, juga akan didirikan pula SPA dan butik serta fasilitas buat nongkrong. Akses lokasinya dekat ke kampus Universitas Andalas dan PT Semen Padang. Bebas dari banjir dan polusi udara serta tsunami karena jauh dari pantai dan dekat permukiman penduduk yang masih asri,” jelas Alkudri.
Alkudri juga memberikan peluang investasi bagi masyarakat. Dia mencontohkan, orangtua yang lagi mencari tempat tinggal atau kontrakan untuk anaknya yang kuliah atau karyawan yang lama menetap di Padang.
“Dibandingkan mengontrak dengan nilai jutaan, lebih baik beli saja rumah ini sebagai investasi sehingga ketika sang anak wisuda empat atau lima tahun mendatang, bisa dijual lagi atau jadi tempat tinggal. Tentunya, harga rumah sudah menjadi jauh lebih tinggi,” jelasnya. (*)

Sumber: http://news.padek.co/detail/a/65976

No comments:

Post a Comment