Friday, June 8, 2012

Alkudri Masuk Daftar Cawako Ikatan Keluarga Pa­dang

IKP Siapkan 21 Nama Cawako Padang 2013-2018

Meski pemilihan wali kota dan wakil wali kota Padang ber­lang­sung pada 2013, tapi suhu politik mulai memanas. Pe­rang pencitraan pun telah di­mu­­lai dengan bermun­culan­nya para bakal calon ke ranah publik. Di samping nama Wakil Wali Kota Mahyeldi Ansharul­lah, Ketua Ayo Jadi Pengusaha BPD Hipmi Andre Rosiade, Kepala Dinas Perhubungan Firdaus Ilyas dan Ketua DPD Golkar Padang Wahyu Irama­na Putra, yang lebih dulu mun­cul sebagai bakal cawako, kini muncul lagi 21 nama yang disiapkan untuk merebut BA 1 (selengkapnya lihat grafis).
Dua puluh satu nama itu diumumkan pengurus Ikatan Keluarga Pa­dang (IKP) dalam jumpa pers di Rumah Makan Lamun Om­bak, kemarin (7/6).
Ketua Harian IKP, Jafrinur menilai 21 nama itu layak dijaring menjadi calon wali kota Padang periode 2013-2018. Mereka terdiri dari peja­bat pemerintahan, praktisi per­guruan tinggi, pengusaha, penegak hukum, dan politisi serta pimpinan organisasi kepemudaan. Salah satunya, Alkudri, Ketua DPD REI Sumbar yang juga Bendahara IKP.
Jafrinur yang namanya juga masuk dalam daftar bakal calon menegaskan, tantangan membangun Kota Padang ke depan semakin berat. Karena itu, dibutuhkan pemimpin yang memahami kondisi Pa­dang secara menyeluruh.“Terutama dari orang-orang yang mempunyai rekam jejak yang selama ini tidak lagi diragukan publik,” kata Jafri­nur yang juga Dekan Fakultas Peternakan Universitas An­da­las Padang itu, didampingi sejumlah pengurus dan Pem­bina IKP seperti Syofyan, Arsil Alam, Visda Rasyid, Marzuki Onmar, Yulihasman Djamas, dan Herizal.
Marzuki Onmar men­jelas­kan, IKP sengaja melakukan penjaringan dengan harapan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa masih banyak orang-orang yang berpotensi memimpin Padang lima tahun ke depan. Namun demikian, kata man­tan Kepala Biro Perleng­kapan Pemprov Sumbar itu, nama-nama tersebut belum final. “Tidak tertutup kemung­kinan calon-calon lain nantinya masuk dalam penjaringan dari IKP. Silakan sampaikan (nama calon, red) jika ada yang lain, kita akan terima,” ujar­nya.
Dia menyebutkan, proses penjaringan tersebut didasar­kan pertimbangan yang tidak asal-asalan, melainkan pada ketokohan calon. “Mereka adalah putra-putri terbaik yang memungkinkan memim­pin Padang sesuai rekam jejak dan pengalamannya di bidang masing-masing,” ungkapnya.
Dia menekankan, dalam pen­jaringan itu, IKP tidak me­ngusulkan orang-orang yang tidak punya pengalaman dan rekam jejak di bidangnya. “IKP tidak mengemukakan orang yang hadir dadakan,” te­gas­nya. Ditambahkan Syofyan, se­ka­lipun calon-calon itu tidak lagi berkiprah di pemerintahan, tapi tetap berbuat di tengah masyarakat. “Kami tidak mengusulkan orang yang belum pernah punya penga­laman,” ucapnya. Dia menyebutkan, 21 nama itu akan disaring kembali hing­ga mengerucut kepada satu orang. “Tunggu saja, pro­ses­nya akan dilakukan bertahap,” katanya. (bis)

Sumber: Padang Ekspres • Jumat, 08/06/2012


1 comment:

  1. MAJU TERUS PAK ALKUDRI, SAAT NYA PEMIMPIN MUDA YANG PIMPIN KOTA PADANG

    ReplyDelete